gallery/p_20171009_130758_1_p

Wisata history bersejarah candi Jago di Tumpang Malang. Lokasi Candi Jago terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang,  kecamatan Tumpang, kabupaten Malang. Berdiri diantara pemukiman penduduk. Masyarakat sekitar menyebut candi Jago dengan sebutan "Cungkup" artinya bentuk bangunan yang dikeramatkan. Dalam kitab Pararaton dan kitab sastra kuna Nagarakertagama, memiliki arti JAJAGHU suatu nama tempat suci yang diagungkan. panjang 24 meter lebar 14 metertinggi 10,5 meter. Terbuat dari batu andesit atau batu gunung. Candi Jago diperkirakan diresmikan pada tahun 1280 masehi bersamaan dengan upacara Cradha yaitu upacara pelepasan roh dari dunia setelah 12 tahun meninggalnya raja Wisnuwardhana yaitu raja singhasari ke 4.

 

 

 

BENTUK DAN SUSUNAN CANDI JAGO ( JAJAGHU )

 

Candi Jago memiliki bentuk bangunan yang unik jika dibandingkan dengan candi lainnya. Kaki candi terdiri dari tiga tingkat;

Tingkat pertama terdapat delapan anak tangga.

Tingkat kedua ada empat belas anak tangga.

Tingkat ketiga ada tujuh anak tangga.

 

Setiap tingkat memiliki teras yang semakin ke atas teras tersebut makin mengecil dan bergeser ke belakang. pada tingkat pertama sampai ketiga memiliki selasar untuk mengelilingi candi. teras utama ada di puncak yang paling kecil dibandingkan yang lain dan letaknya bergeser kebelakang. Candi ini menghadap ke barat mengarah ke puncak gunung.

 

 

 

RELIEF PADA DINDING CANDI JAGO

gallery/p_20171009_131230_1_p

M